Friday, August 7, 2009

Gangguan Kesehatan - Kanker (Neoplasma, Tumor Ganas)

Keterangan

Suatu istilah umum untuk pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendalikan. Banyak jenis tumor khusus pada bagian-bagian tubuh tertentu. Bilamana tumor tumbuh, maka ia mengganggu fungsi normal suatu organ atau jaringan. Pertumbuhan itu akan terus-menerus. Sel-sel kanker adalah hidup dan pada waktu tertentu terus tumbuh juga mengambil makanan dari tempat mereka tumbuh atau cadangan tubuh.

Kemungkinan penyebab

Peristiwa-peristiwa yang memicu, seperti : radiasi medis atau industri, masuknya bahan kimia (suatu karsinogen, bahan yang bisa menimbulkan kanker ke dalam sel), infeksi virus tertentu, keturunan terdapat dalam keluarga (kecenderungan tunduk kepada sel-sel kanker).

Kemungkinan gejala-gejala

Kelemahan luar biasa khas kanker, suatu sindrom yang sering menyertai banyak jenis kanker ditandai oleh, tidak suka makan, tidak cukup makan, kekurangan gizi, kekurangan berat badan, penurunan kesehatan secara umum.

Pengelolaan makanan yang bermanfaat

Makanlah diet berkalori tinggi, berprotein tinggi dan rendah lemak, lebih baik disertai dengan buah-buahan dan sayur-sayuran segar yang kaya akan zat-zat protektif (vitamin) dan hindari bahan pengawet. Perhatian pada diet bisa mencegah atau mengubah status gizi buruk. Pasien kanker dengan status gizi yang baik tidak mudah terkena infeksi dan mungkin akan lebih tahan terhadap terapi kanker.

0 comments:

Maheswari Maharani © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute