Monday, August 10, 2009

Gangguan Kesehatan - Radang Hati

Keterangan
Suatu peradangan hati yang disertai dengan kerusakan sel dengan cepat.

Kemungkinan penyebab

- Virus yang ditularkan melalui :
  • Makanan atau air yang tercemar. Ini dikenal sebagai radang hati akut yang disebabkan virus (Tipe A). Tipe A dan E ditularkan dari kotoran ke mulut.
  • Tranfusi darah dari donor yang terinfeksi, behubungan seks dengan pasangan yang terinfeksi, jarum suntik yang terinfeksi. Ini dikenal sebagai hepatitis akut yang disebabkan virus (Tipe B).
  • Keracunan cendawan, carbon tetrachloride, trichloroetylene, acetominophen, halothane, isoniazid, chlorpromazine, kontrasepsi oral. Ini dikenal sebagai haptitis akut yang disebabkan oleh racun dan obat-obatan.
- Kelainan yang ditandai oleh kematian sel-sel hati yang terjadi secara pelan-pelan tetapi terus berlangsung, peradangan hati dan berbekas jaringan hati yang sudah mati yang bisa menjurus ke arah cirroshis (pengerasan) yang disebabkan oleh virus hati B dan bahan-bahan kimia atau obat. Ini dikenal sebagai hepatitis aktif yang kronis.

- Bisa terjadi sebagai akibat dari hepatitis yang disebabkan oleh virus yang dikenal sebagai hepatitis kronis yang terus ada.

Kemungkinan gejala-gejala

Anorexia nervosa (tidak suka makan karena gangguan saraf), rasa tidak enak di perut, demam, berat badan berkurang, kuning (jaundice), hati membengkak, rasa nyeri di daerah hati.

Pengelolaan makanan yang bermanfaat

- Makanlah diet berkalori tinggi, diet rendah lemak.
- Makan sering-sering, sedikit-sedikit (pada kasus anorexia nervosa)
- Lanjutkan diet cari jernih ke diet lambung tergantung kemampuan pasien.

0 comments:

Maheswari Maharani © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute